Do's and Dont's tentang Kuku


Amati kuku anda dengan cermat, sehat dan kuatkah?
Yuk kita pelajari agar kuku tetap sehat dan kuat walaupun banyak kegiatan sehari hari yang memaksa kuku untuk berinteraksi dengan hal hal yang membuat kuku rapuh.

Normal dan sehatkah kuku anda?

Kuku terdiri dari lapisan protein yang dinamakan keratin yang tumbuh mulai dari bawah kutikula. Seiring tumbuhnya sel baru, sel lama  akan mengeras dan memadat  secara merata ke ujung ujungnya.
Kuku yang sehat adalah kuku yang halus, tanpa lubang dan alur., dengan warna kuku yang sama merata. Kadang kadang kuku tumbuh tonjolan daging yang tumbuh dari kutikula hingga ujung kuku. Hal ini akan cenderung muncul seiring bertambahnya usia. Kuku juga seringkali terdapat garis dan bintik putih karena cedera yang akan tumbuh dan berkembang bersama kuku normal.

Berikut ini adalah tanda tanda kuku yang tidak normal :

1.Perubahan warna kuku, seperti perubahan seluruh atau beruntun menjadi gelap dibawah 

   kuku.
2.Perubahan kuku seperti paku melengkung.
3.Penipisan dan penebalan kuku
4.Pemisahan kuku dan kulit di sekitar kuku 
5.Pendarahan di sekitar kuku. 
6.Kemerahan dan pembengkakan di sekitar 
   kuku. 

Yang Boleh Dilakukan (Do's)

>>
Jaga kuku anda agar tetap kering dan bersih, hal ini akan mencegah bakteri , jamur dan organisme yang tumbuh di bawah kuku anda. Kenakan sarung tangan karet saat mencuci piring, membersihkan atau menggunakan bahan kimia keras. Dan usahakan jangan terlalu lama merendam kuku dalam di bak mandi. 

>>
Potong dan kikir kuku  anda secara teratur. Gunakan gunting dan  pemotong kuku yang tajam.

>> Rapikan kuku anda lurus, kemudian putaran tipis dalam kurva lembut. Gunting kuku anda setelah anda mandi sehingga kuku menjadi lembut dan kutikula mudah dibersihkan.
Gunakan pelembab, bila anda menggunakan lotion khusus tangan, gosokkan ke kuku dan kutikula.


Yang Tidak Boleh Dilakukan (Dont's)

>>Untuk mencegah kerusakan kuku, jangan gunakan kuku sebagai alat. menyodok, menusuk dan membongkar sesuatu.

>>
Mengigit kuku dan menusuk kutikula anda. Kebiasaan ini dapat merusak kuku dan mengakibatkan luka kecil yang dapat memungkinkan bakteri dan jamur sehingga menyebabkan infeksi.

 

>>Menarik kuku yang patah separuh, mengakibatkan tertariknya kutikula tanpa disengaja. Sebaiknya potong menggunakan gunting kuku secara seksama.
 
>>Jangan remehkan masalah kecil kuku, apabila merasa sakit dan tidak nyaman pada kuku anda, segera pergi ke dokter untuk penanganan selanjutnya.

Selamat memiliki kuku sehat dan kuat.



Sumber :  Mayo Clinic, Adult Health

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Global Var

Cari Blog Ini